Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Sabtu, 20 Juni 2009

PROFIL SEKOLAH ISLAM TERPADU AL ASHRI MAKASSAR



A. PENDAHULUAN
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al-Ashri adalah lembaga pendidikan yang menjadikan pesan-pesan Islam sebagai dasar pembentukan manusia yang berilmu dan berakhlak mulia, dilandasi nilai-nilai Qur’an dan Sunnah sebagai roh dalam aktifitas pendidikan, baik di sekolah maupun luar sekolah. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pendidikan nasional yang dipadukan dengan kurikulum keislaman dan muatan lokal.


Lembaga pendidikan ini pada awal berdirinya (25 Juni 1999) hanya terdiri dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Play Group/ Kelompok Bermain. Kemudian pada tgl. 25 Juni 2002 resmi dibuka jenjang Sekolah Dasar (SD) yang waktu itu hanya menerima level kelas 1 dan 2 dan pada tahun ajaran 2008-2009 SMP Plus Al-Ashri resmi dibuka dan telah mendapatkan surat izin operasional serta nomor statistik dari dinas pendidikan.

Saat ini (Februari 2009) jumlah siswa SMP Plus sebanyak 10 orang untuk tahun pertama, SD sebanyak 305 orang dari level kelas 1 hingga kelas 6 (kelas paralel adalah kelas 1-6), setiap kelas sebanyak 20 hingga 25 orang siswa. Jumlah guru sebanyak 32 orang, pegawai administrasi 5 orang dan bujang sekolah 3 orang. Sedangkan TK dan Play Group sebanyak 120 orang dengan jumlah guru 11 orang, pegawai 1 orang dan bujang 1 orang.
B. ALAMAT
SIT Al-Ashri bertempat di Jl. Regency Barat Blok F No. 24, 25, 26 Perumahan Taman Telkomas Makassar 90245, Telp. (0411) 4771273

C. PENGELOLA
SIT Al-Ashri dikelola oleh Yayasan Alinska Amal Ilmiah yang beralamat di Jl. Satelit Raya Blok B1 No. 2 Perumahan Taman Telkomas Makassar.

D. VISI DAN MISI
Visi :
Mewujudkan generasi dambaan umat yang berakhlak mulia, cerdas, sehat, kreatif, mandiri, mampu menguasai dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
Misi :
1. Membangun dan membina generasi agar memiliki :
a. aqidah dan keimanan yang kokoh
b. akhlak dan budi pekerti yang mulia
c. kecerdasan, kreatifitas dan kemandirian yang tinggi, dan
d. tubuh yang sehat dan kuat.
2. Mengembangkan kualitas guru melalui peningkatan daya pikir, analitis, sikap istiqamah dan berakhlak mulia.
3. Memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik.
E. TUJUAN
a. Membentuk pribadi taqwa dan berakhlak mulia
b. Mendidik generasi islam agar memiliki dasar kecerdasan intelektual, emosianal, dan spiritual (IQ, EQ, dan SQ) yang matang.
c. Melahirkan generasi yang mandiri, memiliki kreatifitas yang tinggi dan bertanggung jawab.
d. Melahirkan generasi rabbani yang mampu bersosialisasi dan berperan di masyarakat.
e. Meningkatkan kualitas guru dan kualitas pelayanan pendidikan.

F. KURIKULUM & EKSTRA KURIKULER
Kurikulum
Kurikulum yang diberikan di SD Plus Al-Ashri diarahkan pada basis kompetensi sesuai dengan tujuan dan target pendidikan, dengan memadukan muatan Kurikulum Pendidikan Umum, Pendidikan Agama Islam dan Muatan Lokal, yaitu :

1. Kurikulum Umum (Dep. Pendidikan Nasional), terdiri dari :
a. Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Sosial
b. Bahasa Indonesia
c. Matematika
d. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
e. Kesenian dan Kerajinan Tangan
f. Ilmu Pengetahuan Alam
2. Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Dep. Agama), terdiri dari :
a. Al-Qur’an dan Hadits
b. Aqidah dan Akhlak
c. Bahasa Arab
d. Sejarah Kebudayaan Islam
e. Fiqih
3. Kurikulum Lokal, terdiri dari :
a. Bahasa Inggeris
b. Mental Aritmetika/ Sempoa
c. Komputer
d. Writing
e. Kreatifitas
Ekstrakurikuler atau Kegiatan Penunjang
Kegiatan Pendidikan juga diperkaya dengan kegiatan ekstrakurikuler atau penunjang yang disusun dalam program kegiatan tahunan, terdiri dari :
a. Kepanduan
b. Sanggar seni dan kreatifitas
c. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) atau dokter kecil
d. Kunjungan edukatif
e. Kunjungan budaya/sejarah
f. Kunjungan sosial
g. Outbond dan pengenalan alam/lingkungan
i. Perayaan hari nasional
j. Perayaan Hari Besar Islam
k. Pementasan (Stasiun TV dan Panggung Hiburan)
l. Pemeliharaan tanaman dan ternak/ikan
m. Pemerikasaan kesehatan dan imunisasi
Selain itu, juga diberikan kegiatan pembiasaan berupa :
a. Pembiasaan bahasa asing (Arab dan Inggris) dalam setiap kesempatan baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas,
b. Praktek ibadah dan penanaman nilai-nilai Islam,
c. Pembiasaan sifat dan membangun karakter, yang dilakukan secara terpadu dan intensif.

G. METODE PEMBELAJARAN
SIT Al-Ashri menggunakan metode pembelajaran “Active Learning” dan “Quantum Learning”, dimana dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan bagi anak berekspresi dan berkreasi seluas mungkin sehingga dapat menumbuhkan pribadi yang aktif, kreatif, mandiri dengan suasana yang dinamis dan menyenangkan.
H. PENUTUP
Kesuksesan SIT AL-Ashri melaksanakan program pendidikan dan pembinaan akhlak bukan hanya ditentukan dari guru-guru dan pengelola, tetapi juga sangat ditentukan dari kerjasama dan peran serta para orang tua siswa secara aktif. Oleh karena itu, orang tua dihimpun dalam lembaga Majelis Taklim Orang Tua Siswa sebagai mitra strategis dalam pengembangan pendidikan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saran :
Sebagai nilai negatif :
1. Agar gedung sekolah layaknya seperti gedung sekolah pada umumnya, sampai saat ini masih bentuk rumah tinggal yang dijadikan sekolah sebagai tempat belajar dan mengajar, penataan gedung fisik yang serba dipaksakan.
2. Area sekolah yang langsung berada di akses jalan umum perumahan, sehingga berbaur dengan lingkungan penduduk sekitar (tidak terisolasi).
3. Ruangan kelas yang lembab, dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit, sirkulasi udara yang kurang.
4. Arena untuk pelajaran praktek olahraga yang kurang memadai. sehingga hanya 1 kelas saja yang bisa menggunakan, itupun murid bertumpuk di lapangan yang awalnya merupakan fasilitas umum.
5. Fasilitas kurang untuk mendukung proses belajar.
6. Agar disesuaikan dengan biaya sekolah yang harus dibayar dari murid dengan fasilitas fisik yang ada saat ini, yang tidak berimbang.

Yang merupakan nilai positif :
1. Guru guru yang berkompeten
2. kurikulum yang cukup padat yang dapat membentuk murid lebih mandiri.
3. Lebih kreatif dan selalu punya inovasi
4. kegiatan ekstrakurilkuler yang cukup baik, namun masih perlu pengawasan ketat.
5. Seragam murid sekolah yang sudah baik.
6. Visi dan Misi yang sangat baik agar sesuai dengan kondisi yang ada.

Harap dipikirkan, mengingat kompetitor untuk sekolah dengan pola dan sistem yang sama sudah banyak. Demikian, semoga sukses dan lebih profesional kedepannya, terima kasih.

Wassalam.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, saya mau bertanya apakah SIT Al-Asrhi mempunyai lowongan kerja guru. Saya mempunya pengalaman mengajar 3 tahun b.arab, imla', sejarah islam, nahwu, sorof, dan tajwid. Terima kasih

Posting Komentar